Kamis, 11 September 2014

Faktor-faktor penentu pembuatan foto



Faktor penentu pembuatan foto

Ada faktor – faktor yang menentukan kualitas hasil foto menurut Rahmad Agus Koto:
1.      Kondisi Objek
2.      Pencahayaan (Exposure)
3.      Warna
4.      Fokus/Ketajaman (Sharpness)
5.      Komposisi
6.      Sudut Pandang (Viewing Angel)

1.      Kondisi Objek

Bisa dikatakan kondisi objek memiliki peranan penting dalam suatu foto yang bagus. Apakah ekspresi dari objek atau objek yang merupakan peristiwa yang unik atau jarang terjadi.
2.      Pencahayaan ( Exposure)

Masalah cahaya ini, tergantung tujuan apa yang di ambil, bisa saja foto yang agak gelap atau terlalu terang malah bagus. Tetapi secara umun pencahayaan yang bagus itu harus pas.
3.      Warna

Pengetahuan mengenai warna cukup penting juga dalam dunia fotografi. Seorang Graphic designer atau  fashion designer paham bener memainkan warna. Colourlovers, di situs ini bisa belajar dan memahami warna dengan baik.
4.      Fokus/Ketajaman (sharpness)

Penggunaan manual focus butuh latihan yang sering, untuk pemula make autofocus saja yang lebih mudah dipelajari.
5.      Komposisi

Prinsip dasarnya adalah seimbang. Perhatikan orientasi yang cocok, portrait atau landscape, biasanya panorama atau objek yang jauh cocok menggunakan landscape, sedangkan objek yang vertical cocoknya menggunakan portrait. Teknik komposisi lain diantaranya adalah Framing, Geometric, dan  Freedom. Prinsip Rule of Third sangat membantu untuk mendapatkan komposisi yang bagus. Dimana POI atau Objek utama diposisikan dibagian sepertiga bidang foto.
6.      Sudut pandang (viewing angle)

Yang ini sangat dipengaruhi oleh  sense seni si fotografer, dari sudut mana pengambilan foto yang menarik dan menjelaskan objek. Kalau mahir memainkan viewing angle dan komposisi, nanti bisa jadi Director of Photography.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar